Transit Bandara Internasional Dubai: Inilah Kegiatan Yang Bisa Anda Lakukan Sepuasnya

Kesenangan seorang backpacker Indonesia yang menggunakan persawat Emirates akan transit di Dubai International Airport {DXB} menjadikan pengalaman yang sangat dinanti bahkan akan disempatkan untuk bisa melakukan stay sementara atau berada di tempat ini dengan keunggulan dan fasilitas gratis bisa anda nikmati. Bandara ini merupakan markasnya Emirates yang disebut juga sebagai hub yang terkoneksi ke seluruh penerbangan dunia dimulai dari Afrika, Asia, Timur Tengah dan Eropa dengan contoh negara London, Perancis, Inggris, Belanda, Cape Town Afrika Selatan, dan seterusnya. Sebagai markas jadi anda akan menemukan Emirates dimana-mana sehingga tidak salah di bandara ini begitu luasnya dengan 3 terminalnya ini, khusus terminal 2 dan 3 dipakai oleh maskapai ini. Amazing bukan.

Poto oleh: thenational.ae



Sekilas Dubai International Airport {DXB}
Termasuk bandara yang tersibuk di dunia 24 jam banyak sekali penumpang berbagai tujuan di seluruh dunia wara-wiri tumpah ruah menunggu waktu keberangkatan berikutnya. Pengelola bandara menciptakan fasilitas yang telah mereka siapkan untuk mengakomidir kebutuhan selama mereka transit. Pada saat anda mendarat sudah terasa sekali fasilitas yang disediakan tersebut bisa langsung digunakan. Seorang backpacker yang menghitung waktu dan jumlah uang akan melakukan hal yang sangat keterlaluan {hahaha} dengan melakukan transit +/- 24 jam sebelum keberangkatan untuk menjelajahi kota Dubai dengan tambahan voucher makan gratis dari Emirate yang akan anda claim di information desk dengan memperlihatkan tiket dan boarding pas anda {kadang dengan informasi tiket lewat smartphone juga bisa dilayani}. Sebenarnya persyaratan minimal adalah 4 jam langsung mendapatkan, dari pada 4 jam lebih baik anda mengambil lebih dari itu sekalian bisa melihat kota Dubai yang eksotis bahkan telah menghipnotis seluruh traveler  termasuk dari Indonesia.

Menggunakan Emirates pada saat sekarang ini telah membuka rute keberangkatan dari Cengkareng Soekarno Hatta sebanyak 3-5 kali sehari juga dari Singapura dan Malaysia langsung ke Dubai. Jika anda menggunakan pesawat ini maka secara langsung terdapat pilihat estafet penerbangan berikutnya sehingga anda dapat memilih sesuai dengan keinginan. Disinilah cermatnya seorang backpacker yang bisa menikmati penerbangan estafet ini dengan mengambil penerbangan berikutnya keesokan harinya jadi pada saat sampai di DXB mereka wara-wiri menikmati seluruh fasilitas gratis yang ada di bandara, jika ada uang berlebih mereka akan menuju ke pusat kota, kenapa tidak. 

Dengan adanya peraturan dari Emirates jika penumpang transit selama 4 jam lebih maka akan mendapatkan voucher makan gratis yang bisa anda dapatkan. Apabila anda landing setelah tengah malam dan berencana akan mengelilingi Dubai selama waktu tersisa maka saatnya istirahat di tempat yang telah tersedia di airside {sebelum pintu imigrasi} dan landside {setelah pintu imigrasi}. Rekomendasi yang sebaiknya anda lakukan adalah di airside karena maasih di dalam bandara peluang diusir oleh petugas sangat nihil sekali.

Terasa penuh dengan para traveler seluruh dunia yang memanfaatkan kursi yang tersebar diseluruh bandara ini jadi anda harus sabar untuk menyisir satu per satu sehingga mendapatkan kursi yang kosong yang lumayan untu menunggu pagi. Tetapi berbeda dengan Bandara Changi Singapura, di DXB colokan listriknya tidak berdekatan dengan kursi leyehan jadi anda harus antisipasi supaya low bat tidak terjadi ya.

Money Changer Di Bandara Dubai.
Jika anda ingin menukar mata uang sebaiknya anda melakukan cek dan ricek harga di masing-masing money changer yang ada di dalam bandara, cari harga yang terbaik untuk penukaran mata uang dan tidak ada commition fee nya. Jadi harga yang akan anda dapatkan cukup baik. Jika anda ingin menggunakan ATM juga bisa melihat di kartu tersebut apakah ada logo partner yang bisa tarik tunai.

Penukaran Voucher Makan Gratis Emirates.
Setelah anda mendapatkan voucher makan gratis tersebut anda bisa bebas menukarkan ke restoran yang ditunjuk untuk bisa makan. Jenis makanan yang bisa anda nikmati sesuai dengan selera dan sebaiknya kuantitasnya cukup bervariasi agar anda bisa membawa bekal untuk digunakan sampai dinegara tujuan {pikiran seorang backpacker harus jauh ke depan, yang penting jangan malu hehe}.

Fasilitas Gratis Bandara International Dubai {Kode:DXB}.
Tentu fasilitas di bandara ini bisa anda nikmati dengan gratis tidak perlu bayar dan berbayar. Seorang backpacker yang transit tentu akan menikmati seluruh fasilitas ini dengan langkah tegap dan merasakan kenikmatan transit di sini.

1. Jika anda ingin mandi dan bersihkan diri di Bandara International Dubai bisa dilakukan. Kamar mandi banyak dan tersebar di penjuru bandara. Untuk mandi dan bersih diri cukup nyaman jika anda bandingkan dengan Bandara Changi Singapura yang sangat jauh sekali perbedaan, tetapi untuk hal yang gratis harus bersyukur masih bisa mandi untuk penerbangan berikutnya. Tetapi untuk showernya tidak semuanya tersedia ada beberapa spot menyediakan shower. 

2. Mushola tempat ibadah tersedia cukup di bandara Dubai. Sperti di airside di Terminal 3 bisa anda manfaatkan jika waktu ibadah sudah masuk.

3. Jika anda ingin melihat indahnya Bandara Dubai bisa menggunakan kereta penghubung terminal tentunya tidak dipungut biaya alias gratis. 

4. Khusus bagi anda yang menggunakan first class ataupun business class anda akan mendapatkan akses premium berupa lounge Emirates serta fasilitas didalamnya termasuk akses langsung masuk dan keluar terminal.

5. Complimentary akses WIFI juga tersedia dengan masa durasi +/- 30 menit. Jadi anda harus manfaatkan fasilitas ini selama transit ya.

6. Rekomendasi untuk istirahat di Zen Garden terletak di Terminal 3, merupakan area yang bisa anda nikmati kolam ikan dan kayu yang rindang sambil duduk menikmati gemercik air. Tempat ini banyak sekali para traveler buru karena lokasi cocok untuk melepas lelah dan mengerjakan hal lain membaca buku serta bekerja. Jika anda membawa putra putri di lokasi ini juga ada tempat bermain anak.

7.Sebagian traveler backpacker akan mencoba fasilitas stopover yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan Emirates yang bisa anda manfaatkan untuk transit sewaktu singgah di bandara ini. Lamanya antara 24 jam hingga beberapa hari. Anda bisa hubungi information desk disana untuk mendapatkan fasilitas seperti ini. Khusus untuk stopover ini mempunyai harga tidak gratis dan bahkan Emirates akan mengurus visa transit sebagai sponsor sampai dengan 98 jam. Fasilitas lain yang juga disediakan adalah Dubai Connet yang juga diperuntukan oleh penumpang yang ingin pihak Emirates menyediakan seluruh fasilitas selama transit berlangsung, tentu harus di reservasi jika anda mau melakukannya dengan harga yang pantas pula. Fasilitas berbayar ini anda akan mengelilingi seluruh pusat wisata di Dubai dengan keindahan dan pesonanya yang tentu tidak akan bisa anda lupakan seperti Burj Al Arab, Dubai Marina, Dubai Mall, Palm Jumeirah, hingga ke Burj Khalifa. Untuk destinasi lainnya old city bisa Gold Shouk, Dubai Creek,Spices Shouk,  hingga ke kawasan Bastakiya juga akan masuk ke itinerary nya. 

Tips:
Jika anda mempunyai uang lebih dapat menikmati fasilitas yang diberikan oleh Emirates untuk menikmati pariwisata di Dubai. Untuk harganya bisa anda langsung hubungi petugas atau {baca: link}. Untuk seluruh kebutuhan visa untuk beberapa waktu akan diurus oleh pihak maskapi dan anda akan dibawa tour di kota Dubai. Jika rasanya tidak masuk dalam hitungan anda dapat mencoba Emirates stopver dengan fasilitas lainnya {baca: link}. Semoga bermanfaat dan happy travelling.

Post a Comment

0 Comments